Perjanjian Kerja Sama Uji Terap Teknologi  Budidaya Teripang Pasir, kerja sama ini merupakan tahun ke-3 antara Balai Bio Industri Laut LIPI dengan PT. Sejahtera Putra Kusuma. Sebagai perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang perikanan dan hasil olah perikanan, PT. Sejahtera Putra Kusuma (SPK) menjalin kerja sama dengan Balai Bio Industri Laut dalam melakukan uji terap hasil penelitian pengembangan berupa Teknologi Budidaya Teripang Pasir. Adapun outcome yang diharapkan antara lain:
  1. Memasyarakatnya inovasi teknologi hasil penelitian LIPI khususnya bidang kelautan dan perikanan di daerah;
  2. Lahirnya bidang usaha baru berupa budidaya teripang pasir;
  3. Lahirnya kemitraan dalam bidang budidaya teripang pasir dengan nelayan pembudidaya binaan Balai Bio Industri Laut LIPI dalam skema inti-plasma.
 
Perjanjian Kerja Sama antaraPusat Penelitian Oseanografi LIPI danDinas Kelautan Dan PerikananKabupaten Lombok Timur tentangPendirian Lombok Marine Technopark. Perjanjian kerja sama ditandatangani pada tanggal 18 Nopember 2015 oleh Kepala Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI  Dr. Dirhamsyah, M.A. denganKepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Timur M. Tasywiruddin S. Pi M. Si
Nota kesepahamanantaraDeputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utaratentangpenelitian, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nota kesepahaman ini ditanda tangani pada tanggal 4 Agustus 2016 oleh Bupati Kabupaten Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, S.H., M.H. dan Deputi IPK LIPI Dr. Ir. Zainal Arifin, M.Sc.
Perjanjian Kerja Sama antaraPusat Penelitian Oseanografi LIPI danDinas Pertanian Perkebunan Kehutanan Kelautan Dan Perikanan  Kabupaten Lombok Utara tentang Taman Teknologi Maritim Mataram. PKS ini ini ditanda tangani pada tanggal 4 Agustus 2016 oleh Dr. Dirhamsyah, M.A., selaku Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dan Ir. Hermanto selaku Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Utara.
PerjanjianKerjasamaantara Fakultas  Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Al-Azhar Mataram denganBalai Bio Industri LautPusat Penelitian OseanografiLembaga Ilmu Pengetahuan IndonesiatentangPendidikan, Penelitian, Pengembangan, Dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bidang Bio Industri Laut. Perjanjian Kerja sama ditandatangani pada tanggal 13 Januari 2017 oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Islam Al-Azhar MataramHj. Ir. Syuhriatin, M.Si. dan Kepala Balai Bio Industri Laut LIPIHendra Munandar, M.Si.
Perjanjian Kerja Sama antaraBalai Bio IndustriLautPusat Penelitian Oseanografi LIPI danBalaiBenihIkanPantaiLabuhan HajiDinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Lombok Timur tentangAlihTeknologi Budidaya Avertebrata Laut. PerjanjianKerjasamainiditandatanganipadatanggal 9 Agustus 2017 olehHendraMunandar, M.Si., selaku Kepala Balai Bio IndustriLaut, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dengan  Ir. AkhmadMasriselakuKepala BalaiBenihIkanPantaiLabuhan Haji - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Timur.

Prosedur Perjanjian
Kerjasama